Friday 1 March 2024

Tetap Jaga Ibadah dengan Pengetahuan dan Ilmu

Seringkali kita mengatakan kita sibuk dan tidak sempat untuk beribadah dengan khusyuk. Waktu yang kita miliki terkuras untuk kegiatan duniawi. Salahkah demikian? Bagaimana cara mengatasinya? 

Kita simak tulisan berikut sebagai bahan renungan bagaimana kondisi ibadah kita selama ini. 


"Bekerjalah dan tuntutlah ilmu, namun jangan tinggalkan ibadah kepada Allah.”


Mengejar deadline tugas-tugas yang harus diselesaikan saat bekerja atau menuntut ilmu seringkali menghabiskan waktu. Namun jangan sampai meninggalkan ibadah fardhu. Bila waktu kembali senggang, kembali perbanyak ibadah sunnah. Imam Syafi’i pernah berkata, “Perbanyak ibadah sebelum tanggung jawabmu bertambah, karena kamu mungkin tidak mempunyai waktu sebanyak itu lagi untuk beribadah.”


Tetap pula haus akan ilmu. Al-Hasan Al-Bashri berpesan, “Orang yang beramal tanpa ilmu hanya membuat banyak kerusakan dibanding mendatangkan kebaikan. Tuntutlah ilmu dengan sungguh-sungguh, namun jangan sampai meninggalkan ibadah. Gemarlah pula beribadah, namun jangan sampai meninggalkan ilmu. Karena ada segolongan orang yang rajin ibadah, namun meninggalkan belajar.”

No comments:

Post a Comment

Joker

Oleh: Suyati  Kurasakan perihnya dia tertawa  Tertawa ketika terluka  Oleh perih duka yang tiada tara  Ditutupi dengan bahagia di muka  Luka...