Sunday 10 March 2024

Para Ayah: Jangan Pelit Mendoakan Anak



Dinukil dan diselia dari

"Wahai Para Ayah: Jangan Pelit Mendoakan Anak!"

@mysfibrahim, 26 Januari 2024


Lagi-lagi kisah Ibrahim memberikan teladan, khususnya bagi para lelaki yang akan dan telah menjadi Ayah. Yaitu tentang betapa tak kalah dahsyatnya doa seorang ayah.


Doa-doa yang Allah kabulkan tidak melulu dipengaruhi oleh status seseorang, kedudukan apalagi tingkat keimanan. Selama doa itu tulus diutarakan disertai keyakinan akan pengkabulan, maka peluang terwujudnya menjadi sama besar.


Ketika Ibrahim terpaksa meninggalkan Hajar dan Ismail kecil di antah berantah yang tak tersedia persediaan hidup, Syeikh Mutawalli Asy Sya’rawi menjelaskan dalam Ad Dua Al Mustajab, hati kecil Ibrahim menjadi sangat gelisah dan berat. Tetapi Ibrahim mendahulukan Allah ketimbang keluarga seraya melantunkan munajat yang diabadikan dalam QS: Ibrahim 37:


رَّبَّنَآ إِنِّىٓ أَسْكَنتُ مِن ذُرِّيَّتِى بِوَادٍ غَيْرِ ذِى زَرْعٍ عِندَ بَيْتِكَ ٱلْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ فَٱجْعَلْ أَفْـِٔدَةً مِّنَ ٱلنَّاسِ تَهْوِىٓ إِلَيْهِمْ وَٱرْزُقْهُم مِّنَ 

ٱلثَّمَرَٰتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ

Ibrahim mengiba kepada Allah tentang keadaannya sembari menitipkan agar anak keturunannya diteguhkan untuk menegakkan salat, diberikan rezeki yang layak dan dikelilingi keharmonisan. Di ujung munajat itu, tak lupa Ibrahim memohonkan agar keturunannya digolongkan sebagai orang yang pandai bersyukur bukan yang kufur.


Di akhir kisah, kita akan mengenal bagaimana dahsyatnya munajat Ibrahim yang terkabul itu. Anak keturunannya diberkahi siang malam bahkan setelah wafat mereka. Ka’bah membawa berkah dan sekelilingnya juga menuai berkah.


Duhai para Ayah, di sela sibukmu menantang dunia demi segenggam rezeki halal bagi keluarga. Sudikah kiranya ada lantunan doa untuk anak istrimu agar mereka menjadi orang yang Allah ridai dan kasihi? Barangkali, melalui jihadmu yang berat itu, Allah perkenankan terkabulnya doamu yang nantinya juga akan menyenangkanmu dan keluarga.


Melalui kisah Ibrahim, Allah mengajarkan kita, para Ayah, agar jangan pelit dalam berdoa! Bermunajatlah besar-besar, dan sering-sering. Mana tahu, anak-anak itulah yang akan melukis senyum kita di dunia dan kehidupan setelahnya. _Aamiin_


No comments:

Post a Comment

Joker

Oleh: Suyati  Kurasakan perihnya dia tertawa  Tertawa ketika terluka  Oleh perih duka yang tiada tara  Ditutupi dengan bahagia di muka  Luka...