Friday 8 March 2024

Amalan Ringan Berpahala Besar


Oleh: Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal MSc

 1. Menuntut Ilmu Agama.

Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.

[HR. Muslim 2699]


2. Menjenguk Orang Sakit.

Barangsiapa mengunjungi orang yang sakit atau mengunjungi saudaranya karena Allah, maka akan ada yang menyeru kepadanya, engkau telah berbuat baik, langkah kakimu juga baik, serta akan engkau tempati rumah di Surga.

[HR. Tirmidzi 2008]


3. Rutin Shalat Rawatib 12 Rakaat.

Rasulullah ﷺ bersabda:


مَنْ ثَابَرَ عَلَى ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً مِنَ السُّنَّةِ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ


"Barangsiapa merutinkan shalat sunnah 12 raka’at dalam sehari, maka Allah akan membangunkan bagi dia sebuah rumah di surga. Dua belas raka’at tersebut adalah empat raka’at sebelum  zhuhur, dua raka’at sesudah zhuhur, dua raka’at sesudah maghrib, dua raka’at sesudah ‘Isya, dan dua raka’at sebelum shubuh".

[HR. Tirmidzi no.414]

 

4. Berdzikir.

Laki² dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.

[QS. Al-Ahzab: 35]


5. Bershalawat.

"Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak)".

[HR. An-Nasa'i 1297]


6. Mengamalkan Doa Setelah Adzan.

“Barangsiapa mengucapkan setelah mendengar adzan ‘allahumma robba hadzihid da’watit taammah wash sholatil qoo-imah, aati Muhammadanil wasilata wal fadhilah, wab’atshu maqoomam mahmuuda alladzi wa ‘adtah’ [Ya Allah, Rabb pemilik dakwah yang sempurna ini (dakwah tauhid), shalat yang ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi), dan fadilah (kedudukan lain yang mulia). Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati maqom (kedudukan) terpuji yang telah Engkau janjikan padanya], maka dia akan mendapatkan syafa’atku kelak.”

[HR.Bukhari no. 614]


7. Memberi Salam Dan Berjabat Tangan.

"Sesungguhnya seorang mukmin apabila bertemu dengan saudara mukmin lainnya, lalu ia mengucapkan salam kepadanya dan menjabat tangannya, maka akan berguguran dosa keduanya sebagaimana bergugurannya daun dari pohonnya".

[Ash-Shahihah no. 526]


8. Membaca Al-Quran.

"Barangsiapa membaca satu huruf dari kitabullah (Al-Quran), baginya satu kebaikan. Satu kebaikan akan dilipatgandakan sepuluh. Aku tidak mengatakan ‘alif laam miim’ itu satu huruf, akan tetapi, Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf".

[HR. Tirmidzi 2910]


9. Puasa Tiga Hari Setiap Bulan (Ayyamul Bidh).

Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.

[HR. Bukhari 1979]


10. Doa Anak Untuk Orangtuanya.

"Sungguh, Allah benar² mengangkat derajat seorang hamba-Nya yang shalih di surga. Maka ia pun bertanya: "Wahai Rabbku, bagaimana ini bisa terjadi?" Allah menjawab: "Berkat istighfar anakmu bagi dirimu".

[HR. Ahmad 10232]


11. Shalat Dhuha diawal waktu.

Rasulullah ﷺ bersabda:


مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ. قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ


"Barangsiapa yang melaksanakan shalat shubuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh". Beliau pun bersabda: "Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna".

[HR. Tirmidzi no.586]


Semoga Allah mudahkan kita untuk mengamalkan amalan diatas.


وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم





No comments:

Post a Comment

Joker

Oleh: Suyati  Kurasakan perihnya dia tertawa  Tertawa ketika terluka  Oleh perih duka yang tiada tara  Ditutupi dengan bahagia di muka  Luka...