Thursday 25 January 2024

Semua Bernilai dengan Melibatkan Allah


Perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia selama engkau melibatkan Allah dalam segala hal urusanmu.


Meskipun terkadang dalam kacamata dunia engkau gagal, tapi disisi Allah usahamu akan tetap bernilai.


Ketika engkau sakit dan berdoa untuk kesembuhan, namun ternyata engkau tetap sakit dan tak kujung sembuh, maka engkau dicatat tetap mendapatkan pahala.


Meski ketika engkau telah berusaha dan berharap sukses, namun ternyata engkau tetap gagal, maka engkau dicatat tetap mendapatkan pahala.


Meski ketika engkau susah dan berharap mendapat kelapangan, namun ternyata engkau tetap dalam keadaan susah, maka engkau dicatat tetap mendapatkan pahala.


Sungguh tak ada yang sia-sia dalam setiap perjuanganmu, selama engkau melibatkan Allah dalam segala hal urusanmu.


Karena ketika engkau tak mendapatkan kebaikan di dunia, niscaya engkau tetap akan mendapatkan kebaikan itu di akhirat.


Dalam sebuah hadits disebutkan,


« ما مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ وَلاَ قَطِيعَةُ رَحِمٍ إِلاَّ أَعْطَاهُ اللَّهُ بِهَا إِحْدَى ثَلاَثٍ إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِى الآخِرَةِ وَإِمَّا أَنُْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنَ السُّوءِ مِثْلَهَا ». قَالُوا إِذاً نُكْثِرُ. قَالَ « اللَّهُ أَكْثَرُ »


“Tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi (antar kerabat) melainkan Allah akan beri padanya tiga hal:


1]. Allah akan segera mengabulkan do’anya,


2]. Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan


3]. Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.”


Para sahabat lantas mengatakan, “Kalau begitu kami akan memperbanyak berdo’a.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata, “Allah nanti yang memperbanyak mengabulkan do’a-do’a kalian.” (HR. Ahmad 3/18, dari Abu Sa’id; derajat hasan)


Semoga hal ini dapat menjadikan motivasi agar kita tidak mudah putus asa dan senantiasa tetap bertaqwa dan memohon kepada Allah. Sebab selama engkau bersama Allah, maka apapun hasil yang engkau dapatkan engkau akan tetap beruntung dan tidak akan pernah rugi.


Repost: Habibie quotes, 04/07/23

No comments:

Post a Comment

Bahagia itu Sederhana : Turunkan Ekspektasi

Merasakan kenikmatan dan kebahagiaan tidaklah selalu harus mewah. Demikian juga ketika liburan. Saya mengeluhkan tidak dapat menikmati karen...