Saturday 20 January 2024

Menjadi Orang Tua Idola Anak

 

“Transformasi Ayah Bundaku Bukan Idola Menjadi Idola dan Belahan Hatiku”

Oleh Ayah Febri

Jangan jadi orang tua yang tidak jelas.

Anak tidak membutuhkan orang tua yang sempurna tetapi orang tua yang mau belajar dan berubah.

Depresi anak secara umum disebabkan oleh pola asuh yang keliru

AQ (Adversity Quotient) diperlukan agar anak siap menghadapi benturan dalam kehidupan nyata

Ada peran orangtua yang membuat self-esteem anak menjadi rusak.

Ketika orangtua sering teriak dan mengulang-ngulang, efeknya anak di atas usia 14 tahun self esteemnya rusak, kurang PD dll

Kalau anak kita tidak bs dinasehati, merasa tidak bernilai, cek pola asuh kita di masa lalu: apakah sering membanding2kan, sering disalahkan. Orangtua punya andil dalam kondisi ini.

Cara membandingkan yang elegan: bandingkan anak kita di masa lalu dengan di masa kini. Membentuk portofolio untuk anak. Keyword: "lihat diri kamu yang dulu". Sehingga jelas terlihat perkembangan dan penurunannya waktu sekarang dengan waktu yang lalu. Anak mempunyai rekam jejak yang jelas. Efek: kita akan bisa membuat sebuah portofolio.  Ini merupakan efek penting sehingga kita bisa membuat roadmap dan membaca portofilio anak berikut melihat minat dan bakatnya.

 Bukan membandingkan dia dengan orang lain.

Misal: hari ini subuhnya masih dibangunkan terus padahal sudah baligh, buat program 6 bulan ke depan: anak bangun sendiri di subuh hari.

Main system dalam pendidikan dan pengasuhan anak-anak kita adalah orangtua mereka sendiri.

Ketika anak melakukan self-harm (menyakiti diri sendiri), perlu dicek apa yang terjadi. Misalnya menggigit jari hingga luka.

Kita perlu belajar mengelola emosi, mengungkapkan kata2 dengan nyaman untuk membangun BONDING dengan buah hati. Mungkin ada kesalahan orang tua dan mungkin kemaksiatan orang tua sebelumnya. Ketika anak kita melakukan kesalahan, maksiat, yang jadi focus bukanlah mereka, namun kepada KITA. Kondisikan emosi kita, introspeksi diri, apa yang membuat dia melakukan itu

Orangtua wajib BERTAUBAT kepada Allah, ada teladan yang salah dari kita, atau vibrasi kemaksiatan yang dilakukan oleh orangtunya (misal: harta yang tidak halal). Orangtua adalah TELADAN UTAMA bagi anak-anaknya, ROLE MODEL bagi anak-anaknya. PARENTING: mendidik dan memperbaiki diri utnuk orang tua. PARENTING ITU ADALAH POLA ORANGTUA.  Ketika orang tua berubah kepada kebaikan maka anak pun akan turut memperbaiki diri tanpa  disuruh.  ANAK membutuhkan orangtua yang sadar mau belajar dan memperbaiki diri, bukan ORANGTUA YANG SEMPURNA.

Jadilah orang tua yang berbahagia. Orang tua yang berbahagia akan menciptakan  kebaikan  pada anak-anaknya. RUMUS MEMBAHAGIAKAN ORANG LAIN: BAHAGIAKAN DULU DIRI KITA.

Ibu bahagia akan mampu memerankan tugasnya dengan emosi yang stabil

Tugas Utama bunda adalah MENJAGA RASA NYAMAN, tugas Ayah membuat BUNDA NYAMAN DAN BAHAGIA. Salah satu tugas suami: menjaga kewarasan para bunda. Tugas suami adalah menjaga kewarasan sang istri agar merasa diperhatikan dan dicintai. Buat bunda2 merasa bahagia, dicintai, disayangi, dihargai agar rumah menjadi terasa nyaman. Sehingga bunda akan merasa nyaman. Ketika bunda bahagia dan nyaman maka ketika mendampingi anak juga dengan bahagia.

Mengasuh dan mendidik anak adalah tugas ayah dan bunda. dengan porsi yang berbeda-beda. Perlu keseimbangan peran ayah dan ibu. Anak akan bahagia, respect kepada orangtuanya, terutama kepada Ayah karena adanya kesimbangan peran ayah dan bunda.

Ayah : rasional

            : kepercayaan diri

Bunda : emosional

            : empati

Dialog orang tua dengan anak dalam Al Quran

Dalam al Quran ada 17 dialog, 14 dialog ayah dengan anak, 2 dialog ibu dengan anaknya, (Nabi Musa dengan anak perempuannya), dan 1 dialog orang tua dengan anaknya.

Nabi yakub

Lukmanul hakim

Nabi Ibrahim

Tugas orang tua adalah mendampingi anak agar kelak punya peran peradaban.

Ketika kita meninggikan suara kepada anak, maka anak akan menjauh.

Menumbuhkan karakter butuh proses, bukan sekedar nasehat. Jangan sampei ayah ajarkan empati, namun tidak menjadi role model. seringkali kita bisa menasihati tetapi belum mampu menjadi role model.

Suami secara psikologis kadang tidak mendengarkan para istri, caranya: jadikan orang2 lain yang memberikan nasehat dengan cara tidak disengaja (misalnya nonton YouTube,kajian)

Laki2 bertanggungjawab membuat roadmap anak.


Disampaikan dalam kegiatan KJM 25 February 2022

No comments:

Post a Comment

Bahagia itu Sederhana : Turunkan Ekspektasi

Merasakan kenikmatan dan kebahagiaan tidaklah selalu harus mewah. Demikian juga ketika liburan. Saya mengeluhkan tidak dapat menikmati karen...