Sunday 26 December 2021

Bersahabat dengan Alam

Sambil menyimak dan memantau kondisi gunung berapi, yaitu gunung Semeru dan gunung Merapi aku mencoba tetap menyelesaikan tulisan untuk lomba yang deadline memang hari ini jam 23.59. 

Sejak peristiwa gunung Semeru aku banyak mengikuti berita tentang gunung berapi di Indonesia. Banyak yang sebelumnya tidak saya ketahui dapat saya ketahui. Terus terang aku mengkhawatirkan gunung Merapi di Yogyakarta. Kondisinya pun pada status siaga 3. Bukan karena tahu kondisinya tapi karena keterikatan batin, pernah belajar dan menetap di sana selama beberapa tahun. 

Jam 23.30 malam ini gunung Merapi terus mengeluarkan lava pijar. Menurut pengamatan saya selama beberapa hari mengikuti live streaming dari YouTube, malam ini lebih sering  turun lava pijar dengan intensitas lebih besar dibandingkan malam-malam sebelumnya. 

Kejadian awan panas wedus gembel menyisakan kesedihan yang mendalam. Meskipun beberapa keluarga di sana selamat, tetapi anggota keluarga teman-teman kuliah dulu banyak juga yang menjadi korban.

Maka sekarang dengan perkembangan teknologi, bersyukur bisa mengikuti perkembangan kondisi gunung Merapi. Selama 24 jam kita bisa memantau kondisi gunung berapi tersebut. 

Gunung Merapi dinyatakan siaga 3 sejak tanggal 5 November 2021 hingga sekarang. Perkembangan juga terus dipantau oleh sisi tv pengawas gunung Merapi. Saya biasanya lebih suka mengikuti pantauan pada malam hari sampai sekitar jam 11 sambil melakukan pekerjaan lain di depan laptop.

Dari banyak kegiatan mengikuti pemantauan ini saya banyak belajar tentang kaitannya manusia dengan alam dan Sang Pencipta., Allah SWT. Kita teramat kecil; di hadapan-Nya namun sering kali kita merasa lebih yang memunculkan kesombongan diri.

No comments:

Post a Comment

Joker

Oleh: Suyati  Kurasakan perihnya dia tertawa  Tertawa ketika terluka  Oleh perih duka yang tiada tara  Ditutupi dengan bahagia di muka  Luka...