Saturday 18 February 2023

Parenting dan Hikmah Peristiwa Isra Miraj



Hari Sabtu tanggal 18 Februari 2023 ini merupakan hari libur dalam rangka peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Kesempatan ini digunakan untuk melaksanakan parenting oleh SD Muhammadiyah 1 Purbalingga yang dilaksanakan di Gedung Kesenian SMK Muhammadiyah Bobotsari.

Dengan mengusung tema "Setetes Hikmah dari Sebuah Perjalanan Agung" parenting kali ini mengaitkan kegiatan orang tua wali murid Musabanese, sebutan untuk siswa SD Muhammadiyah 1 Purbalingga, dengan peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

# Pembukaan 

# Sambutan kepala SD Muhammadiyah 1 Purbalingga

Selamat datang kepada wali murid yang berpartisipasi dalam kegiatan parenting

✅18 Februari smart parenting

✅20 Februari peringatan Isra Miraj dengan takiran

✅Pertukaran pelajar dalam negeri bulan SD Muhammadiyah 4 Pucang dan SD Muhammadiyah 26 Surabaya 

✅ Prestasi Musabanese:

Pencak silat juara umum mengirimkan atlit pencak silat 16 dengan medali 10 anak.

Futsal juara 3

Persiapan Popda, FL2SN, OSN,

✅3 program unggulan

Sekolah digital

Tahfidz school 

Excell School, pertukaran pelajar (studex)

#  Parenting inti

Ustadz Subur Harsono, S.Pd 

Karunia Allah terbesar adalah bangun setelah tidur.

Imam Bukhari lahir dalam keadaan buta dan ibunya memohon kepada Allah dalam shalat malamnya. Dan di pagi harinya Bukhari kecil bisa melihat.

Kekuatan doa seorang ibu dan mendampingi anak menghafal Al Qur'an harus bisa membaca Al Qur'an dengan benar. Harus diprogramkan oleh sekolah untuk bimbingan membaca Al Quran untuk orang tua.

✅ Manusia cenderung berkeluh kesah oleh sedikit ujian dan kesusahan. Dan terlupakan kebahagiaan dan kenikmatan yang begitu banyak dari Allah berikan pada kita.

✅ Hendaklah kita bisa menikmati musibah dan ujian yang diberikan Allah SWT. 

✅ Hikmah peristiwa Isra Miraj:

1. Perjalanan sebelum peristiwa

Dilaksanakan tahun ke-10 kenabian Muhammad SAW. Musibah bertubi -tubi yakni ditinggal oleh istri tercinta, Khadijah dan Abu Tholib paman nabi Muhammad. Mereka adalah pembela-pembela Nabi Muhammad SAW pada saat perjuangannya menyebarkan agama Islam.

Ketika suami pulang sambutlah dengan senyuman yang ramah. Seperti kisah Khadijah dengan Rasulullah.

Jangan bersandar pada manusia tetapi hanya kepada Allah SWT kita bersandar dan meminta.

✅Rasulullah kemudian berjuang di tempat yang baru di Thoif, 100 km dari tempat semula bernama Zaid (putra angkatnya). Harapannya akan disambut perjuangannya tetapi yang ada hanya cacian dan siksaan pada Nabi Muhammad SAW.  Sehingga malaikat pun geram dan akan melakukan apa yang diminta Rasulallah tetapi beliau menolaknya. Beliau tidak menghendaki kaum Thoif dibinasakan karena beliau menganggap mereka belum paham terhadap ajaran Islam.

Doa beliau:

Setiap kebaikan yang kita lakukan pasti akan adan tantangan dan ujiannya. Termasuk dalam mendidik dan menyekolahkan anak di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga 

QS  : 42

✅ Semakin tinggi kebaikan seseorang, niat baiknya maka semakin tinggi pula tantangan yang dihadapinya.

Dengan keikhlasan yakinlah rezeki harus diperjuangkan dan datang sendiri) guru pasti dapat memenuhi kebutuhan.

2. Pelaksanaan isra Miraj

QS Al Isra:1)----> di luar akal manusia

Manusia dan apa yang ada dalam jasad ini terbatas. Sesuatu yang terbatas tidak akan menjangkau apa yang tidak terbatas. Cara menjangkau yang tidak terbatas adalah dengan keimanan.

Mendapatkan risalah perintah shalat 5 waktu yang langsung disampaikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.


3. Pasca peristiwa Isra Miraj 

Ketika Allah SWT memerintahkan shalat karena shalat merupakan salah satu jalan menuju kebahagiaan. Jika sudah shalat tetapi masih belum bahagia berarti ada sesuatu yang salah dengan shalatnya. Apakah wudhunya, rukun shalatnya ada yang tidak terpenuhi dan lain sebagainya. Muhasabah diri untuk pelaksanaan shalat selama ini.

No comments:

Post a Comment

Bahagia itu Sederhana : Turunkan Ekspektasi

Merasakan kenikmatan dan kebahagiaan tidaklah selalu harus mewah. Demikian juga ketika liburan. Saya mengeluhkan tidak dapat menikmati karen...