Thursday 16 February 2023

Motivasi Menulis

Kegiatan #Kamis Menulis kembali hadir. Kali ini mengusung tema "Motivasi". Sepertinya bulan ini banyak bertema refleksi diri ya?

Sumber gambar:Talenta.com


Menurut KBBI V motivasi adalah 1) dorongan yang timbul pada diri seseorang baik secara sadar maupun tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu; 2) usaha yang menyebabkan seseorang atau sekelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapatkan kepuasan dengan perbuatannya.

Motivasi adalah niat seseorang yang diwujudkan dengan sebuah action atau tindakan. Motivasi tanpa tindakan adalah angan-angan belaka. Berbicara tentang motivasi mungkin saat ini yang terdekat ada berkaitan dengan menulis. Di awal tahun 2023 saya menantang diri sendiri untuk dapat menulis setiap hari dan dipublikasikan di blog. Itu menjadi motivasi tersendiri untuk terus menulis. Meskipun tahun ini belum ada buku solo lagi yang bisa dihasilkan.

Menurut ahli psikologi motivasi ada dua yakni motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik adalah motivasi yang sumbernya dari diri sendiri. Sedangkan motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang muncul dari lingkungan luar individu tersebut.

Motivasi intrinsik saya menulis adalah dapat menyampaikan ide dalam bentuk tulisan, mengabadikan peristiwa yang terjadi, bisa belajar, berbagi dan menginspirasi lewat tulisan. 


Sementara motivasi ekstrinsik menulis adalah berpartisipasi dalam kegiatan komunitas menulis, memenuhi tantangan yang biasanya dimunculkan oleh komunitas, untuk memenuhi tuntutan pekerjaan dalam kenaikan pangkat. 

Motivasi intrinsik dianggap lebih memiliki kekuatan yang lebih besar daripada motivasi ekstrinsik. Namun keduanya sebenarnya saling mendukung dan menguatkan. Jika motivasi intrinsik sedang turun motivasi ekstrinsik biasanya mengingatkan. Demikian pula sebaliknya. Maka sebenarnya motivasi intrinsik maupun ekstrinsik semuanya diperlukan seseorang dalam menulis.

Baik motivasi intrinsik maupun ekstrinsik semuanya dimanfaatkan untuk memotivasi agar dapat menulis secara konsisten, terjadwal dan menghasilkan sebuah karya yang tidak hanya untuk waktu sekarang tetapi juga untuk masa mendatang. Menulis adalah bekerja untuk keabadian. Semoga bisa mewujudkan tujuan dengan memperkuat motivasi diri baik motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik. Semoga bermanfaat. Salam literasi.


3 comments:

  1. Salam literasi... Semangat untuk dll menulis setiap hari..

    ReplyDelete
  2. Yes, motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Semangat menulis Bunda 🙏😍

    ReplyDelete
  3. Sepakat..
    Saling melengkapi... dati dalam dan dari luar...

    ReplyDelete

Bahagia itu Sederhana : Turunkan Ekspektasi

Merasakan kenikmatan dan kebahagiaan tidaklah selalu harus mewah. Demikian juga ketika liburan. Saya mengeluhkan tidak dapat menikmati karen...