Saturday 18 November 2023

Simulasi ASAS Ganjil 2023/2024

MTs Negeri 1 Purbalingga yang telah ditunjuk sebagai piloting madrasah digital juga melakukan kegiatan penilaian dengan memanfaatkan media digital. Salah satu penilaian yang dilakukan adalah asesmen sumatif akhir semester.

Terkait dengan kegiatan asesmen sumatif akhir semester ganjil tahun 2023/2024 yang akan dilaksanakan dengan menggunakan handphone dan laptop pada rentang waktu tanggal 27 November-10 Desember 2023 maka MTs Negeri 1 Purbalingga menggunakan aplikasi cbt sebagai media penilaian.

Selama ini peserta didik maupun guru sebenarnya sudah terbiasa dengan penggunaan google form sebagai media penilaian. Namun karena adanya kelemahan dalam pengawasan dan mudahnya akses siswa untuk dapat mencari jawaban maka kami mencoba untuk menggunakan aplikasi yang dapat mengatasi kelemahan dan kekurangan tersebut.

Sebagai hal yang baru dilakukan dan diterapkan pada siswa maka memang perlu kiranya diadakan simulasi. Hal ini bertujuan agar peserta didik maupun pengawas paham proses penilaian dengan aplikasi tersebut. 

Maka pada hari Sabtu tanggal 18 November 2023 ini dilakukan kegiatan simulasi bagi seluruh peserta didik. Alhamdulillah dari jumlah 920 siswa 861 di antara dapat menggunakan dan memanfaatkan aplikasi tersebut dengan lancar. 

Ada beberapa kendala yang ditemui pada saat pelaksanaan kegiatan simulasi ini, diantaranya adalah:

1) Peserta didik tidak membawa HP karena berada di pondok yang memang belum mengizinkan menggunakan HP untuk simulasi. 

2) Ada HP siswa yang tidak support terhadap aplikasi tersebut karena diatur dengan family filter.

3) Siswa masih kebingungan bagaimana menjalankan langkah demi langkah dari membuka aplikasi hingga selesai mengerjakan soal.

4)






No comments:

Post a Comment

Bahagia itu Sederhana : Turunkan Ekspektasi

Merasakan kenikmatan dan kebahagiaan tidaklah selalu harus mewah. Demikian juga ketika liburan. Saya mengeluhkan tidak dapat menikmati karen...