Tuesday 7 November 2023

Mengapa Kita harus Peduli Palestina?

 _Sebuah Renungan_

*KENAPA HARUS PEDULI PALESTINA*

Karena kaum muslimin adalah satu tubuh, karena kaum mukminin bersaudara. Jika Anda tidak peduli dengan kaum muslimin Palestina, maka periksalah keimanan Anda.


Juga karena UUD negeri kita tercinta dengan tegas menyatakan bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Jika Anda tidak marah terhadap penjajahan Yahudi terhadap Palestina, maka periksalah komitmen Anda terhadap NKRI. Bantulah saudaramu di Palestina dan di mana pun, jangan lupakan penderitaan mereka dalam doamu. Fir'aun dan bala tentaranya yang perkasa pun binasa dengan sebab doa Nabi Musa 'alaihissalaam.

Tentang Persaudaraan Islam

Persaudaraan Islam adalah ikatan keimanan, persaudaraan sejati tanpa tersekat oleh batas-batas negara. Cinta yang hakiki tanpa memandang suku, bangsa, ras dan warna kulit, melainkan iman dan takwa kepada Allah 'azza wa jalla. 

Allah 'azza wa jalla berfirman,

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

"Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat".


(QS. Al-Hujurat: 10)


Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, "Seorang mukmin dengan mukmin yang lain bagaikan sebuah bangunan, satu dengan yang lainnya saling menguatkan".

[HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Musa Al-Asy’ari radhiyallahu’anhu]


Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam juga bersabda: "Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam hal saling mencintai, menyayangi dan berlemah lembut di antara mereka bagaikan satu tubuh, apabila ada satu anggota tubuh yang sakit maka seluruh tubuh akan ikut merasa sakit hingga tidak bisa tidur dan merasa demam".

[HR. Al-Bukhari dan Muslim dari An-Nu’man bin Basyir radhiyallahu’anhu]


Oleh:

Ustadz Sofyan Chalid Ruray حفظه الل


No comments:

Post a Comment

Bahagia itu Sederhana : Turunkan Ekspektasi

Merasakan kenikmatan dan kebahagiaan tidaklah selalu harus mewah. Demikian juga ketika liburan. Saya mengeluhkan tidak dapat menikmati karen...