Saturday 21 October 2023

Buah yang Baik untuk Penyakit Jantung



Buah yang baik untuk jantung salah satunya adalah apel karena buah ini mengandung polifenol yang bersifat antioksidan. Kandungan polifenol lebih tinggi di bagian kulit dibanding daging buah, sehingga saat makan apel lebih baik tidak dikupas. Buah lain yang baik untuk jantung adalah pisang, strawberry, pir, dan tomat.

Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda perlu menjalani pola hidup sehat, salah satunya dengan banyak mengonsumsi buah yang bagus untuk jantung. Buah banyak mengandung mineral dan antioksidan yang bisa melindungi jantung dari kerusakan.

Tentunya, untuk mendapatkan manfaat buah bagi jantung, Anda harus mengonsumsinya dalam bentuk segar atau tidak diolah dengan terlalu banyak gula maupun tambahan lain yang berbahaya.

Deretan buah yang bagus untuk jantung

Buah memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya jantung yang diuntungkan, tapi kesehatan Anda secara keseluruhan. Beruntunglah sebagai orang Indonesia, beberapa buah yang baik untuk jantung, di bawah ini, dapat ditemukan dengan mudah.

1. Apel

Apel dipercaya dipercaya sebagai buah yang bagus untuk jantung karena mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Manfaat ini bisa didapatkan karena apel mengandung serat larut, yaitu jenis serat yang bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Apel juga mengandung polifenol (zat kimia pada tumbuhan) yang memiliki efek antioksidan. Dibanding daging buahnya, kulit apel memilliki kadar polifenol yang lebih tinggi. Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk mengonsumsi apel beserta kulitnya.

Salah satu jenis polifenol yang dikandung apel adalah flavonoid epicatechin. Flavonoid ini, bisa menurunkan tekanan darah. Lebih dari itu, buah yang baik untuk jantung ini pun mampu mengurangi kadar oksidasi LDL (kolesterol jahat).

2. Pisang

Kalium adalah unsur kimia, yang dibutuhkan tubuh untuk menyehatkan jantung. Sebab, kalium mampu mengontrol tekanan darah dan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah jantung. Dengan mengonsumsi satu buah pisang, Anda sudah memenuhi 9% rekomendasi asupan harian kalium. Inilah yang membuat pisang didapuk sebagai salah satu buah yang bagus untuk jantung.

Selain itu, pisang juga kaya akan serat. Sebuah membuktikan bahwa pola makan yang kaya serat, bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Terlebih lagi, serat juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

3. Buah beri

Kelompok buah beri, seperti stroberi, blueberry, blackberry, hingga raspberry, baik untuk jantung. Mengonsumsi beragam buah beri, dalam keadaan mentah, yang sudah dibersihkan, bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Zat kimia yang ditemukan dalam buah beri, diyakini bisa membasmi peradangan penyebab tekanan darah tinggi. Dengan demikian, jantung dan tubuh secara keseluruhan pun sehat serta dijauhkan dari penyakit.

4. Melon jingga

Melon jingga atau yang dikenal sebagai cantaloupe, mengandung banyak air. Ketika Anda mengonsumsi buah yang baik untuk jantung ini, tubuh akan terhidrasi sehingga tugas jantung dalam memompa darah pun akan terasa ringan. 

Karena mengandung serat tinggi, melon jingga mampu menurunkan risiko serangan jantung, diabetes. Buah ini pun mampu membantu Anda menurunkan berat badan, supaya terhindar dari obesitas.

5. Jeruk

Buah yang menyegarkan dan mengandung banyak air ini, bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, menyehatkan kulit, menurunkan kadar kolesterol, hingga baik untuk jantung.

Jeruk mengandung vitamin C, serat, kalium, dan kolin. Semua komponen ini sangatlah menyehatkan untuk jantung. Sebut saja kalium, yang bisa menghindarkan jantung dari kondisi aritmia (detak jantung yang tidak normal).

6. Kiwi

Kurangi garam dan tambahlah porsi kalium. Ini adalah saran yang diberikan American Heart Association (AHA), untuk jantung sehat.


7. Pepaya

Sama seperti kiwi, pepaya juga akan kaya serat dan kalium sehingga membuatnya termasuk sebagai salah satu makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Tidak hanya menyehatkan bagi jantung, buah ini juga baik untuk saluran pencernaan hingga kulit. 


8. Aprikot

Buah kecil berwarna oranye ini, mengandung banyak antioksidan, seperti beta karoten, vitamin A, C, dan E. Hebatnya lagi, aprikot juga memiliki flavonoid seperti apel.

Flavonoid pada aprikot, datang dalam bentuk asam klorogenat, katekin, dan kuersetin. Komponen inilah yang menetralkan radikal bebas, sehingga penyakit jantung, dapat dihindari.

Sama seperti kebanyakan buah, aprikot mengandung banyak air, sehingga tekanan darah dan detak jantung, dapat dikontrol.


9. Persik

Buah persik bisa mengikat asam empedu (senyawa yang diproduksi di hati dan terdiri dari kolesterol), kemudian membuangnya, melalui kotoran (feses). Bersamaan dengan itu, kolesterol juga dikeluarkan dari tubuh. Tidak heran, buah persik dipercaya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Mekanisme ini sangat baik untuk para pengidap penyakit jantung yang memiliki kolesterol tinggi sehingga Anda bisa memasukkannya ke dalam salah satu menu makanan untuk penderita sakit jantung.

Studi tambahan yang dilakukan pada hewan menunjukkan, buah persik bisa mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), serta menurunkan tekanan darah dan trigliserida.

Penelitian pun dilakukan pada tikus dengan kelebihan berat badan. Hasilnya, buah persik terbukti mengurangi hormon angiotensin II, yang dikenal mampu meningkatkan tekanan darah.


10. Plum

Plum adalah buah yang lezat dan mengandung banyak antioksidan. Salah satu antioksidan yang dikandungnya adalah polifenol. Menurut sebuah studi, polifenol dipercaya bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Jadi tidak heran kalau plum termasuk dalam golongan buah yang baik untuk jantung.


11. Ceri

Buah ceri terkenal dengan aromanya yang manis dan rasanya yang enak. Tidak hanya menarik dijadikan taburan atau hiasan kue, buah ceri juga kaya dengan antosianin, yaitu zat antioksidan yang diyakini dapat membantu melindungi pembuluh darah dan menguntungkan bagi kesehatan jantung.

Antosianin dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular dengan memperbaiki disfungsi endotel (pelapis pembuluh darah), menurunkan kolesterol jahat (LDL), mengurangi peradangan, serta mengurangi aktivasi trombosit dan stres oksidatif.


12. Alpukat

Buah yang baik untuk jantung selanjutnya adalah alpukat. Buah berdaging lembut ini merupakan sumber makanan yang kaya akan asam oleat yang termasuk ke dalam jenis asam lemak tak jenuh tunggal. Asam oleat dikenal dapat mengurangi peradangan di seluruh tubuh, terutama di jantung.

Alpukat juga mengandung tambahan vitamin dan berbagai fitokimia yang dapat berperan sebagai antioksidan untuk melindungi jantung serta berbagai organ tubuh lainnya. Alpukat juga kaya akan kalium yang termasuk nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan jantung. Bahkan, buah ini juga termasuk sebagai salah satu makanan yang bisa membersihkan pembuluh darah.

Selain dinikmati langsung daging buahnya, Anda juga bisa mendapatkan manfaat buah ini dalam bentuk minyak alpukat sebagai alternatif minyak masak yang lebih aman dan sehat. Pasalnya, lemak dalam minyak alpukat tahan terhadap oksidasi yang disebabkan oleh panas.


13. Tomat

Menambahkan beberapa irisan tomat tebal ke dalam sandwich dan salad atau membuat saus tomat segar untuk melengkapi pasta bisa menjadi cara menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, di dalam tomat terdapat berbagai vitamin dan likopen yang baik untuk menjaga jantung.

Senyawa likopen memiliki fungsi sebagai antioksidan dan akan membantu memenuhi kebutuhan antioksidan bagi Anda yang selama ini tidak banyak mengonsumsi makanan sehat.


14. Delima

Buah delima juga didapuk sebagai buah yang baik untuk jantung karena mengandung asam ellagic yang dapat membantu memblokir penumpukan kolesterol di pembuluh darah. Buah delima juga mengandung kalium yang berguna untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

Sumber tulisan : Edukasi Kesehatan 

No comments:

Post a Comment

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...