Thursday 2 March 2023

Nikmat Sehat



Kamis Menulis 2 Maret 2023 memiliki tema "Sehat" . Sehat merupakan nikmat yang  luar biasa yang diberikan Allah SWT. Ia menjadi modal pertama bagi manusia untuk menjalani kehidupan di waktu-waktu setelah ia terbangun. Tidak semua orang dapat menikmatinya setelah bangun. Ada yang berlanjut di rumah sakit, ada yang lanjut terbaring di tempat tidur, bahkan ada pula yang berlanjut di pemakaman.

Kesehatan menjadi hal yang menjadi hal luar biasa. Kata orang sehat itu mahal. Tentu jika kita terlambat mensyukuri. Kita terlena dengan kondisi sehat kita. Namun sayangnya sehat menjadi hal yang sering terlupakan sebagai nikmat yang luar biasa manakala kita dalam kondisi sehat. Ia baru terasakan maknanya manakala sakit mendera. Baru terasakan betapa berartinya dan pentingnya keberadaannya. 

Bahkan dalam agama Islam disampaikan ada dua nikmat yang sering dilupakan oleh manusia yakni nikmat sehat dan waktu luang. Ini menyiratkan bahwa sehat dan waktu luang adalah menjadi nikmat yang sering tidak terasakan keberadaan pada saat sehat. 

Sehat meliputi dua hal, sehat jiwa juga sehat raga. Orang Yunani menyatakan men sano incorporosano, di dalam raga yang sehat terdapat jiwa yang sehat.  Meskipun tidak sepenuhnya benar. Karena ada orang yang sangat sehat tetapi ada jiwanya yang tidak sehat. Maling, koruptor, penjahat, dan masih banyak lainnya.

Malah menurut WHO istilah sehat tidak hanya menyangkut fisik dan rohani saja. Sehat menurut WHO adalah kondisi atau keadaan yang sempurna baik fisik, mental maupun sosial, tidak hanya terbebas dari penyakit atau kelemahan/cacat.

Mana yang lebih utama, sehat jiwa dulu atau sehat rohaninya dulu. Keduanya harus beriringan dan sejalan. Salah satu bagian tidak sehat maka akan mempengaruhi kesehatan lainnya. Misalnya orang sehat secara fisik tapi di hatinya penuh curiga, mudah mengeluh, merasa apa-apa salah maka akan membuat kesehatan badan pun berkurang. 

Demikian pula sebaliknya, jika badannya sakit maka kesehatan jiwanya juga pasti terpengaruh. Ia menjadi lebih sensitif. Mudah marah. Merasa ingin lebih diperhatikan dan sikap lainnya. 



Sebagai bentuk rasa syukur terhadap nikmat sehat yang diberikan kepada kita tentu kita harus berusaha untuk menjaga keadaan tersebut. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan antara lain:

1. Menjaga pola makan yang sehat.

2. Memiliki pola pikir dan perilaku yang positif.

3. Senantiasa mensyukuri nikmat yang diberikan kepada kita. Bersabar ketika sedang diberikan sakit dan kelemahan.

4. Menghindari makanan/minuman yang membahayakan tubuh. 

5. Berolahraga secara teratur.

6. Menjaga silaturahmi dengan tetap berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar.

7. Senantiasa memanfaatkan otak untuk kegiatan berpikir positif.

8. Istirahat yang cukup. Penuhi kebutuhan tidur berkualitas.

9. Memanfaatkan kesehatan kita untuk hal-hal positif dan bermanfaat bagi orang lain. 

10. Memaafkan diri sendiri dan orang lain.

Nah demikian beberapa cara kita mensyukuri nikmat sehat yang diberikan Allah SWT kepada kita. Mari nikmati dan syukuri sebelum nikmat sehat ini hilang dari kita semua sehingga tidak ada penyesalan pada saatnya tiba untuk mengembalikannya. Semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Térima kasih telah mengingatkan agar hidup sehat jasmani dan rohani

    ReplyDelete

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...