Tuesday 7 March 2023

Belajar Terapi

Kegiatan Minggu malam Senin  05 Februari 2023 pukul 19.45-21.00 WIB ini diisi dengan kegiatan belajar terapi bersama: ARIS AHMAD JAYA & Tim ABCo Therapy Center


Setinggi apapun jabatan seseorang baik di lembaga pemerintah maupun swasta, jabatan tertingginya adalah PENSIUN. 

Dan ketika masa pensiun tidak disiapkan dengan baik, banyak pikiran, akhirnya tubuh sakit.


Belajar keilmuan bukan hanya untuk menyiapkan kehidupan akhirat, namun dalam jangka pendek adalah untuk memiliki kemanfaatan tanpa menunggu pensiun, tanpa menunggu sepi, tanpa menunggu sakit.


Kesepian sesungguhnya adalah ketika kita berada di antara keramaian, namun orang lain tidak menganggap kita ada.

Kesepian sesungguhnya adalah ketika memiliki keilmuan dan kemampuan, namun tidak punya ataupun tidak diberi panggung untuk memanfaatkan keilmuan yang dimiliki.


Ternyata hidup itu 10% adalah APA yang terjadi* pada Anda dan *90% BAGAIMANA Anda mereponnya


Dr. Robert Resnick (Pakar Psikoterapi di Los Angeles)

*ERO PRINCIPLE: E+R=O*

I do not control events. I do control MY RESPONSE.


Pemicu utama sakit adalah: 

- 85% CES (Chronic Emotional Stress)

- 5% Lifestyle

- 5% Nutrition

- 5% Toxins


Sekilas tentang Bangkai Emosi

yaitu tumpukan cara pandang negatif terhadap situasi yang terjadi dalam diri kita sehingga terjadi kemarahan, kebencian, ketakutan, trauma, phobia, keserakahan, dan emosi destruktif lainnya


Membiarkan ketidaknyamanan yang terjadi di masa lalu terbawa hingga hari ini, akibatnya kita tidak mampu menikmati kenikmatan yang diberikan Allah saat ini dan kurang memiliki harapan yang baik di masa depan.


Orang-orang yang bangkai emosinya setiap hari semakin menumpuk karena TIDAK MAMPU MELEPASKAN, MEMBERSIHKAN SAMPAH2 EMOSI ITU


DAMPAK MEMELIHARA BANGKAI EMOSI


1. MINDSET YANG SALAH

Kita sering menganggap bahwa sumber dari semua masalah itu adalah orang lain dan dirinya merasa rugi kalau memaafkan kesalahan yang dilakukan mereka


Kejujuran kita untuk mengakui masalah itu adalah HAL PENTING


2. MERASA TERDHOLIMI

Difitnah, ditipu, dikhianati, dan anehnya orang2 yang mendholimi adalah mereka yang terdekat (pasangan, orangtua, anak dll)


Ketidakmampuan untuk bangkit dari masalah berakibat energinya terkuras, terlebih jika sosol yang menjadi penyebab masalah tsb masih ada dalam jangkauan mata dan telingan


3. TRAUMA MASA LALU

Kejadian masa kecil, masa lalu yang terekam di bawah sadar


Kejadian yang menyakitkan, menakuntukan, mengerikan atau bahkan menyedihkan yang terjadi di masa kecil khususnya atau di masa lalu pada umumya yang berakibat pada ketakutan yang menyebabkan trauma.


4. KHAWATIR MASA DEPAN

Kekhawatiran atas ketidaknyamanan masa depan dikarenakan ketidaknyamanan masa lalu 

Kekhawatiran atas masa depan dikarenakan ketidaknyamanan yang terjadi pada hari ini dan masa lalu


5. JAUH DARI ALLAH SWT

Hanya memakai logika dan data-data, kurang dekat dengan Allah azza wa jalla

Lemah dalam hal spiritual menjadi salah satu penyebab suburnya bangkai-bangkai emosi sebagaimana suburnya jamur di tempat yang lembab.


KURANG YAQIN PADA KEKUATAN ALLAH

KURANG SABAR PADA KETENTUAN ALLAH


Barang siapa yang telah mencukupkan dirinya dengan bersandar hanya kepada-Nya, maka dia tidak akan kecewa, karena Allah tidak akan pernah mengecewakannya.


Ketika ada masalah dalam hidup, maka dia akan berkata pada masalah itu: *"SAYA PUNYA ALLAH YANG JAUH LEBIH BESAR DARI MASALAHKU, WAHAI MASALAHKU... ALLAH MAHA BESAR"


Terapi Bangkai Emosi ini adalah untuk menguatkan diri kita dengan berkomunikasi dengan Allah sang Pencipta dan diri kita sendiri


KESIMPULAN

1. Semua yang terjadi di dunia ini adalah izin Allah SWT, maka tugas kita adalah meminta izin kepada Allah atas apa-apa yang kita inginkan, harapkan dan butuhkan.


2. Teknik ini adalah teknik yang sederhana, bisa dilakukan bisa lintas kota, lintas daerah, lintas negeri, asalkan kita yakin.


3. Pasrahkan. Kita tidak menyembuhkan, tidak ada kesembuhan dari manusia. Kita hanya bermohon kepada Allah SWT karena semua kesembuhan hanya dari-Nya. Dan kita hanyalah faktor konektor.


Sumber tulisan: Resume Bunda Lili-ABCo Therapy

Secara lengkap materi kegiatan ini dapat disimak kembali melalui link berikut. 

https://www.youtube.com/live/vxiTg_dL6ls?feature=share

Selamat menyimak ilmu yang luar biasa ini. Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...