Thursday 12 January 2023

Apa Niat Anda Menulis?

Gambar: Cep Subhan Archieves

Kamis Menulis edisi 12 Januari 2023 mengambil tema "NIAT". Perkara niat memang masalah hati. Tetapi kita sering mendengar kalimat-kalimat ini di sekitar kita, 

"Niatnya mau liburan, apalah daya pekerjaan menuntut untuk deadline". 

"Niat sudah ada untuk menulis, begitu mau action ide hilang semua."

"Niatnya mau berangkat tapi keburu hujan. Batal deh"

"Nggak apa-apa yang penting sudah niat. Itu sudah bagus."

Sering ya mendengar ungkapan kata-kata dengan menggunakan niat? Namun sayangnya seringkali kita berlindung pada kata niat untuk menutupi apa yang tidak kita lakukan. Apa sih sebenarnya niat itu? 


Gambar: Retizen-Republika

Secara etimologi niat berasal dari Bahasa Arab yang artinya  keinginan dalam hati untuk melakukan suatu tindakan yang ditujukan hanya kepada Allah SWT. ( Wikipedia Indonesia). Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia V (KBBI V) istilah niat memiliki beberapa pengertian.

1. adv maksud atau tujuan suatu perbuatan ;

2. adv kehendak (keinginan dalam hati) akan melakukkan sesuatu;

3. adv janji untuk melakukan sesuatu jika cita-cita atau harapan terkabul; kaul; nazar

ada

Jadi dapat disimpulkan bahwa niat adalah suatu maksud yang terdapat pada hati seseorang untuk melakukan sesuatu yang ingin dilakukan. 

Dalam ajaran agama yang saya anut, Islam, niat sangat penting kedudukannya. Seperti sebuah hadits yang sudah sering kita dengar dan simak. 

"Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya dan seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang diniatkan. (HR Bukhari dan Muslim).

Ia menjadi penilaian pertama dalam melakukan sesuatu, termasuk dalam amalan maupun dalam kegiatan ibadah. Seperti kutipan perkataan dari Abdullah bin Mubarok rahimahullah, "Boleh jadi amalan yang sepele, menjadi besar pahalanya disebabkan karena niat. Dan boleh jadi amalan yang besar menjadi kecil pahalanya karena niat."

Nah, tidak bisa dianggap sepele kan? Lalu berkaitan dengan dunia tulis-menulis, apa niat kita ketika menulis? Kita sendiri yang bisa menjawab pertanyaan tersebut meskipun mungkin akan banyak jawaban beragam. 

Terkait dengan niat pastinya kita akan bertanya mengapa kita menulis. Ada banyak alasan kita menulis, tentu saja. Mari kita coba tuliskan beberapa alasan yang juga menjadi niat kita dalam menulis. Saya mencoba mendaftarnya di bawah ini dengan meresume dari banyak sumber. 

1. Menulis untuk keabadian

2. Menulis sebagai ekspresi atau emosi yang terpendam

3. Menulis sebagai bukti sejarah

4. Menulis untuk dunia akhirat

5. Menulis untuk menghasilkan uang

6. Menulis untuk menjadi inspirasi orang lain

7. Menulis untuk memberikan informasi

8. Menulis agar menjadi terkenal

9. Menulis untuk menyalurkan hobi

10. Menulis untuk meningkatkan konsentrasi

11. Menulis sebagai media terapi psikis.

12. Menulis untuk berkomunikasi dengan baik lewat tulisan

13. Menulis untuk meningkatkan kreativitas

14. Menulis untuk memenuhi tuntutan karir

15.Menulis sebagai sarana dan media belajar

16. Menulis agar rajin membaca

Yang manakah yang sesuai dengan niat Anda dalam menulis? Anda boleh setuju boleh juga tidak. Niat kita menulis tentu tidak bisa dipaksakan karena berkaitan dengan hati dan motif awal. Anda bisa menambahkan daftar niat menulis yang sudah ada pada kolom komentar berikut. Terima kasih sudah menyimak. Semoga bermanfaat. Selamat menulis dengan niat yang lurus sesuai nurani. 

3 comments:

  1. Bagi saya, menulis adalah untuk mengekspresikan pikiran dan pendapat tentang sesuatu.

    ReplyDelete
  2. Bagus semua .. niat menulisnya.
    Okeh... semoga bisa

    ReplyDelete
  3. Ada beberapa alasan dalam menulis tergantung dengan tujuan dari menulis itu dalam hal apa. Bagi saya menulis di blog ini sebagai wahana mengekspresikan diri. Jika jaman sekolah dulu ada buku diary maka sekarang menggunakan blog..he..he..

    ReplyDelete

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...