Monday 7 August 2023

Tujuh Tips agar Menjadi Orang Tua yang Dicintai

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan:


1. Menunjukkan kasih sayang dan perhatian.

Tunjukkan bahwa Anda peduli dan selalu ada untuk anak² Anda. Beri mereka perhatian penuh saat berinteraksi dengan mereka dan dengarkan dengan seksama apa yang mereka katakan. Jangan ragu untuk mengungkapkan cinta dan kasih sayang pada mereka secara teratur.


2. Jadilah teladan yang baik

Anak² cenderung meniru perilaku orang tua mereka. Oleh karena itu, pastikan Anda menjadi contoh yang baik bagi mereka. Tunjukkan sikap positif, bertanggung jawab, jujur, dan memiliki nilai² yang baik. Ini akan membantu mereka tumbuh menjadi orang yang baik dan menghargai orang tua mereka.


3. Berikan peraturan yang jelas

Anak² membutuhkan batasan yang jelas dan konsisten dalam hidup mereka. Berikan peraturan yang wajar dan konsisten, serta konsekuensi yang jelas jika peraturan tersebut dilanggar. Tetapi jangan hanya fokus pada hukuman, *berikan juga pujian dan apresiasi saat mereka mematuhi peraturan.


4. Berikan kesempatan untuk berbicara dan dengarkan pendapat mereka

Berikan kesempatan pada anak² Anda untuk mengungkapkan pendapat mereka. Dengarkan dengan hati² dan hormati apa yang mereka katakan, walaupun Anda tidak selalu setuju dengan mereka. Ini akan membuat mereka merasa dihargai dan penting.


5. Terlibat dalam kehidupan mereka

Ambil bagian aktif dalam kehidupan anak² Anda.

Hadiri acara² penting seperti pertandingan olahraga atau pertunjukan sekolah mereka. 

Ajak mereka berbicara tentang kegiatan sehari-hari mereka dan berikan dukungan moral dan motivasi.


6. Biarkan mereka belajar dari kesalahan

Anak² akan membuat kesalahan di sepanjang hidup mereka. Biarkan mereka belajar dari kesalahan tersebut dengan memberikan mereka kesempatan untuk menghadapi konsekuensi dan membantu mereka untuk mengoreksi kesalahan mereka. Tetaplah mendukung mereka dan beri tahu bahwa Anda akan selalu ada untuk mereka.


7. Berikan keamanan dan stabilitas

Anak² membutuhkan rasa aman dan stabilitas dalam hidup mereka. Ciptakan lingkungan yang aman dan stabil di rumah, berikan rutinitas harian yang konsisten, dan beri mereka perasaan percaya diri dengan memberikan mereka tanggung jawab yang sesuai dengan usia mereka.


💡 Ingatlah bahwa setiap anak unik. Jadi penting untuk menyesuaikan pendekatan Anda sesuai dengan kebutuhan dan kepribadian individu mereka.

Selalu bersikap sabar, pengertian, dan kasih sayang dalam menghadapi anak² Anda


Semoga bermanfaat ya Ayah dan Bunda.

Repost dari Bapak  Aris Ahmad Jaya-ABCo), Mr Sugesti Indonesia

No comments:

Post a Comment

Bahagia itu Sederhana : Turunkan Ekspektasi

Merasakan kenikmatan dan kebahagiaan tidaklah selalu harus mewah. Demikian juga ketika liburan. Saya mengeluhkan tidak dapat menikmati karen...