Tuesday 11 July 2023

Bimtek Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web dan Digital



Kegiatan pengembangan diri di MTs Negeri 1 Purbalingga menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan biasanya pada akhir tahun pelajaran.

Di akhir tahun pelajaran 2022/2023 MTs Negeri 1 Purbalingga juga mengadakan kegiatan pengembangan diri bagi guru dan pegawainya. Di tahun 2023 ini mengambil tajuk "Bimtek Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web dan Digital Tahun 2023.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh cepatnya perkembangan teknologi informasi yang dimanfaatkan dalam pendidikan terlebih pasca pandemi. Siswa banyak mengenal berbagai aplikasi yang mampu dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran terutama untuk pengerjaan tugas-tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran. Hal ini tentu saja mendorong kita untuk memiliki ketrampilan yang menunjang dalam kegiatan pembelajaran yang lebih banyak memanfaatkan teknologi. Dibutuhkan kemampuan untuk bisa menguasai teknologi yang semakin hari semakin berkembang dan semakin canggih agar tidak tertinggal dari kemampuan siswa dalam penguasaan teknologi.

Penyelenggaraan Bimtek Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web dan Madrasah Digital Tahun 2023 berdasarkan pada program kerja kurikulum tahun 2023 dan ketetapan Kanwil Kementerian Agama Jawa Tengah yang menetapkan MTs Negeri 1 Purbalingga sebagai salah satu project piloting dalam program Madrasah Digital di Jawa Tengah.

Adapun tuuan diselenggarakannya bimtek dengan tema "Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web dan Digital Tahun2023" ini adalah:

1. Salah satu upaya untuk mensukseskan program kerja madrasah dan Kementerian Agama yaitu madrasah digital.

2. Meningkatkan pendidik yang kompeten di bidang pembelajaran dan penguasaaan teknologi terutama penggunaan dan pemanfaatan web dalam kegiatan pembelajaran.

3. Menciptakan pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas dan kreatif sebagai   bekal dan dukungan untuk kegiatan belajar mengajar di MTs Negeri 1 Purbalingga.

4. Mendorong minat pendidik dan tenaga kependidikan MTs Negeri 1 Purbalingga untuk lebih mendalami pengembangan web dan madrasah digital yang semakin vital sehingga dapat memberikan manfaat lebih pada pengembangan madrasah digital.

4. Mengoptimalkan fungsi teknologi dan informasi khususnya di bidang pendidikan.

5. Mampu meningkatkan pengetahuan dan pemanfaatan web bagi pendidik dan tenaga kependidikan sehingga dapat mengoptimalkan pelayanan pendidikan bagi peserta didik.

Kegiatan bimtek ini menyasar kepada guru dan pegawai MTs Negeri 1 Purbalingga sejumlah 61 orang termasuk bagian satuan keamanan dan kebersihan. Karena diharapkan semua lini akan mengatahui dan paham pemanfaatan teknologi digital dalam setiap proses kegiatan dan pealyanan pendidikan di madrasah. 

Bimtek ini dilaksanakan pada hari Senin-Kamis, 10 -13 Juli 2023 di Aula MTs Negeri 1 Purbalingga dengan memanfaatkan waktu libur akhir semester dua tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini dimaksudkan agar menuju ke pembelajaran tahun 2023/2024 semua stake holder sudah memiliki kesiapan dalam kegiatan pendidikan berbasis web dan digital. 

 Adapun pengisi atau pembicara yang akan menjadi narasumber untuk kegiatan bimtek Pengembangan pembelajaran Berbasis Web dan Digital adalah:

1.      H. Muhamad Syafi’,S.Ag (Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga)

2.      Sodikin,S.Ag (Pengawas MTs Kabupaten Purbalingga)

3.      Muhtarom, ST (SMK Negeri 3 Purbalingga Jawa Tengah)

4.      Arif Rahmat H.Y,S.Kom (Staf Penma Kemenag Kab. Purbalingga)

Bahan materi yang akan disampaikan dalam seminar adalah sebagai berikut:

  • Kebijakan Kementrian Agama Tentang Madrasah Digital
  • Sistem Informasi Madrasah Digital
  • Chat GPT for Education (Pemanfaatan Chat GPT bagi guru )
  • Membuat buku digital dengan blog wordpress
  • Membuat assesmen dengan blog wordpress
  • Membuat video pembelajaran (mengenal software berbasis android)
  • Membuat video pembelajaran dengan CapCut (teori)
  • Teknik perekaman video (teori)
  • Editing  Video Pembelajaran (teori)
  • Praktek perekaman video pembelajaran
  • Praktek editing video pembelajaran
  • Praktek finishing video pembelajaran










Semoga kegiatan bimtek Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web dan Digital Tahun 2023 ini memberikan manfaat dan mencapai tujuan yang diharapkan. Selamat belajar. Terus belajar meskipun sudah mengajar. 

No comments:

Post a Comment

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...