Friday 12 May 2023

Media Sosial : Plus dan Minus


Gambar : Katabijakpedia.com

Istilah media sosial sekarang ini sudah menjadi istilah yang merambah hampir semua kalangan. Tidak hanya jurnalistik yang mengenalnya. Dari usia anak-anak hingga manula akrab dengan istilah tersebut. Medsos menjadi istilah keren dan viral.

Media sosial atau dikenal sebagai medsos merupakan  laman atau aplikasi yang memungkinkan pengguna dapat membuat atau berbagi isi atau terlibat dalam jaringan sosial.

Jenis -jenis media sosial yang saat ini sedang populer dimanfaatkan oleh penggunanya. Laman tersebut antara lain adalah WhatsApp, Blog, Facebook, Twitter,Youtube, Instagram, dan Tik tok. 

Menjamurnya laman tersebut secara positif memang memperluas jaringan informasi yang beredar. Masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan informasi dengan hanya mengklik kata kunci yang dibutuhkan.

Fungsi media sosial antara lain adalah:

1. Untuk komunikasi

2. Sebagai branding

3. Untuk tempat usaha

4. Marketing

Dengan fungsi media sosial di atas tentu saja diharapkan sosial media bisa menjadi satu alternatif untuk dapat memperluas jaringan informasi dan usaha. Bagi yang mampu memanfaatkan dengan maksimal tentu akan sangat memudahkan. 

Sayangnya sebagian besar media sosial yabg yang ada justru tidak hanya berisi informasi yang benar dan akurat. Beberapa di antara malah digunakan untuk menebar hoaks, berita yang tidak benar dan berdasar, ujaran kebencian, bullying, dan sebagainya.

Akibatnya tentu saja akan menyebabkan kekacauan, ketidaknyamanan dan ketakutan di masyarakat. Kebebasan berpendapat dan berekspresi dalam media sosial pun dimanfaatkan secara kebablasan, berdalih hak berpendapat dan berekspresi, seringkali memberikan ungkapan dan pendapat yang menimbulkan keresahan dan kekacauan di masyarakat.

Sebagai pengguna media sosial kita tentu harus menyadari nilai tambah dan kurang dari adanya media sosial media ini. Laksana pisau bermata dua begitulah media sosial ada. Maka diperlukan adanya aturan-aturan yang mampu membatasi pemanfaatan sosial media ini.

Adanya Undang-undang ITE paling tidak dapat mengerem kebebasan tersebut sehingga tidak kebablasan. Meskipun demikian, itu belumlah cukup tanpa diikuti oleh kesadaran dari masing-masing pengguna sosial media itu sendiri. 

Beberapa etika yang harus pengguna sosial media terapkan antara lain:

1. Menggunakan sosial media sesuai dengan kebutuhan.

2. Menjaga sikap dan etika dalam berinteraksi dengan pengguna lain.

3. Menyaring informasi yang didapat.

4. Menghindari akun-akun provokatif.

5. Memaksimalkan manfaat penggunaan sosial media.

6.  Hati-hati menyebarkan data pribadi.

7.  Saring sebelum sharing.

8. Jangan lupa hak cipta.

9. Bijak dalam mengatur waktu online. 

10. Jangan asal posting konten.

11. Tak perlu detail mencantumkan informasi. Lindungi privasi Anda.

12. Selalu waspada dan jangan langsung percaya 

No comments:

Post a Comment

Bahagia itu Sederhana : Turunkan Ekspektasi

Merasakan kenikmatan dan kebahagiaan tidaklah selalu harus mewah. Demikian juga ketika liburan. Saya mengeluhkan tidak dapat menikmati karen...