Friday 30 June 2023

Hari Tasyrik


Ada yang istimewa yang dimiliki oleh Hari Raya Idul Adha dibanding Hari Raya Idul Fitri. Jika Idul Fitri hanya pada 1 Syawal, maka Idul Adha tidak hanya pada 10 Dzulhijah, tetapi ada tambahnya yaitu tiga hari setelahnya (11,12 dan 13 Zulhijah) yang disebut dengan hari Tasyrik. Pada hari-hari Tasyrik kaum Muslimin tidak diperkenankan untuk melakukan puasa.



Hari Tasyrik merupakan anugerah dari Allah sebagai hari makan dan minum. Nabi Muhammad (Rasulullah) SAW bersabda, "Hari-hari Tasyrik adalah hari makan dan minum."_(H.R. Muslim No 1.141).


Pada hari Tasyrik kaum muslimin tidak diperkenankan berpuasa. Di antara hikmahnya adalah Allah masih memberikan kesempatan kepada kaum muslimin yang belum mampu berkurban di hari raya Idul Adha untuk bisa melaksanakan kurban pada 11,12, dan 13 Dzulhijah. 


Nabi Muhammad SAW bersabda, "Di setiap hari Tasyrik, boleh menyembelih." (H.R. Ahmad, ibn Hibban, dan Ad-Daruquthni)


Dengan penyembelihan hewan kurban di hari-hari Tasyrik menambah sarana untuk memperluas hubungan baik terhadap kerabat, tetangga, dan saudara. Semua itu dilakukan sebagai bentuk kegembiraan dan rasa syukur atas nikmat Allah kepada manusia. 


Ada hikmah lain tidak diperkenankannya puasa pada pada hari Tasyrik. Yakni memberi kesempatan kepada kaum muslimin yang berhak menerima daging hewan kurban untuk mengolah dan menikmati daging hewan kurban.


Itu semua sesungguhnya berawal dari karunia Allah. yang telah menundukkan binatang ternak termasuk hewan kurban. Dengan hewan kurban tersebut kita mudah untuk menyembelihnya dan memakannya.

Maka seyogianya kita isi hari-hari tasyrik dengan rasa syukur kepada Allah. Rasa syukur tersebut dibuktikan dengan menyembelih hewan kurban secara ikhlas, memakan dagingnya dengan rasa syukur yang disertai terus-menerus berzikir kepada Allah dengan menggemakan takbir, tahmid, dan tahlil sampai hari terakhir hari Tasyrik yaitu 13 Dzulhijah.

No comments:

Post a Comment

Bahagia itu Sederhana : Turunkan Ekspektasi

Merasakan kenikmatan dan kebahagiaan tidaklah selalu harus mewah. Demikian juga ketika liburan. Saya mengeluhkan tidak dapat menikmati karen...