Friday 7 April 2023

Cara Menghafal Kalender Hijriah

 

Sumber gambar : SMK Muhammadiyah Karangmojo

Setiap muslim pasti mengetahui adanya dua kalender yang digunakan, yaitu kalender Masehi dan kalender Hijriyah. Sebagai seorang muslim tentu diharapkan kita mengenal kalender Hijriyah. Namun, pada kenyataannya banyak yang tidak dapat menyebutkan nama bulan yang ada dalam kalender Hijriyah.

Hal ini berbanding terbalik dengan kemampuan menghafal dan menyebutkan bulan dalam kalender Masehi sangat fasih dan lancar. Mengapa demikian? 

Maka perlu digunakan cara untuk mempermudah kaum muslimin menghafal nama-nama bulan dalam kalender Hijriyah. Salah satu caranya dengan membuat jembatan keledai yang sudah sangat sering digunakan untuk memudahkan hafalan berbagai macam nama.

Pada kesempatan tausiah, beliau narasumber, Bapak suchufam, S. H.I membuat jembatan keledai yakni:

Mushororojujurosyarosyadzuldzul. Singkatan tersebut merupakan hasil dari pemotongan nama-awal setiap bulan dalam kalender Hijriyah.

  1. Muharram
  2. Safar
  3. Rabi' al-Awwal
  4. Rabi' al-Akhir
  5. Jumadil Awal
  6. Jumadil Akhir
  7. Rajab
  8. Sya'ban
  9. Ramadan
  10. Syawwal
  11. Dzul-Qa'dah
  12. Dzul-Hijjah

Kalender Hijriyah mengikuti peredaran bulan, sehingga setiap bulan berlangsung selama satu siklus bulan lunar. Dalam beberapa tahun, bulan-bulan tersebut dapat berjumlah 29 atau 30 hari, tergantung pada pengamatan hilal (bulan sabit) untuk menentukan awal bulan baru. Itulah sebabnya, jumlah hari dalam satu tahun Hijriyah dapat berbeda dengan Kalender Gregorian yang digunakan secara luas.


No comments:

Post a Comment

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...