Saturday 25 March 2017

Amalan Bangun Tidur

1. Mengusap bekas tidur yang ada di wajah dengan tangan.
    Menurut Imam an-Nawawi dan al-Hafizh Ibnu Hajar, hal ini dianjurkan berdasarkan hadits Rosulullah Shallallahu 'alaihi Wassalam: "Rosulullah Shallallahu 'alaihi Wassalam bangun tidur kemudian duduk sambil mengusap bekas tidur dari wajahnya dengan tangannya." (HR Muslim)

2. Berdoa ketika bangun tidur ;"Alhamdulillahilladzii ahyanaa ba'damaa amaatanaa wailaihinnusyuur. (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia mewafatkan (menidurkan) kami, dan kepada-Nya kami dibangkitkan. (HR Al-Bukhari)

3. Bersiwak
 "Apabila Rosulullah Shallallahu 'alaihi Wassalam bangun tidur, beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak." (Muttafaq 'alaih)

4. Beristintsar
    Yaiut mengeluarkan/menyemburkan air dari hidung sesudah menghirupnya. Rosulullah Shallallahu 'alaihi Wassalambersabda: "Apabila seorang di antara kalian bangun tidur, maka beristintsarlah tiga kali, karena sesungguhnya syaitan bermalam di ujung (rongga) hidungnya." (Muttafaq 'alaih)

5. Mencucui kedua tangan tiga kali.
    Rosulullah Shallallahu 'alaihi Wassalam bersabda : "Apabila salah seorang kalian bangun tidur, janganlah memasukkan tangannya ke dalam bejana sebelum ia mencucuinya tiga kali." (Muttafaq 'alaih)

Disadur dari Buku "Lebih dari 1000 Amalan Sunnah dalam Sehari Semalam" oleh Khalid Al-Husainan, Pustaka Imam Asy-Syafi'i.


No comments:

Post a Comment

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...